Opsi Periklanan Facebook Untuk Pemasar Online

Iklan Facebook dan Google AdWords adalah dua dari strategi pemasaran online yang paling banyak digunakan saat ini. Konsep pemasaran melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Google mendapatkan banyak popularitas saat ini. Pemasaran media sosial, pemasaran jaringan sosial online, dan pengoptimalan media sosial, sekarang menjadi kategori istilah pemasaran internet yang cukup terkenal yang digunakan untuk menentukan jenis strategi pemasaran online. Lebih sering daripada tidak, pemilik bisnis online sekarang lebih suka menggunakan strategi pemasaran jaringan sosial atau pengoptimalan jaringan sosial untuk situs web mereka.

Google AdWords adalah yang paling populer dan efektif dari semua platform periklanan pemasaran internet saat ini. Pada dasarnya, ini adalah platform periklanan bergaya lelang di mana pemilik situs web mengajukan tawaran untuk kata kunci yang akan diterjemahkan menjadi iklan untuk model bisnis mereka. Ini adalah bentuk iklan mesin pencari yang lebih tradisional dan paling banyak digunakan oleh bisnis online saat ini. Setiap kali calon pelanggan atau klien melakukan pencarian di salah satu mesin pencari populer seperti Google, Yahoo, dan Bing, dia mungkin akan melihat dan menerima iklan dari bisnis yang menjalankan iklan mereka di Google. Iklan ini, tentu saja, akan muncul di sisi kanan halaman hasil di mana pelanggan kemudian dapat mengkliknya untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan tertentu dan membeli atau menanyakannya.

Seperti yang terlihat pada Google AdWords, pemasaran melalui Iklan Facebook lebih murah daripada platform periklanan Google lainnya, tetapi ini tidak berarti itu tidak efektif. Faktanya, kampanye iklan Facebook biasanya lebih bertarget dan efektif daripada Google. Facebook memiliki jutaan pengguna aktif di seluruh dunia dan pada dasarnya ini adalah satu-satunya target pasar dari para pebisnis ini. Tidak seperti Google AdWords, pemasaran melalui iklan Facebook membutuhkan lebih sedikit personalisasi untuk klien karena kampanye menargetkan khalayak luas daripada ceruk tertentu. Dengan ini, pemasar online memiliki peluang lebih besar untuk menjangkau audiens yang mereka tuju dan mengubah prospek menjadi penjualan atau bisnis.

Namun, perlu juga dicatat bahwa meskipun iklan Facebook kurang efektif dibandingkan platform iklan Google karena jangkauan globalnya yang luas, pengguna Facebook masih cukup banyak. Artinya, meskipun iklan Anda tidak muncul di halaman pertama feed berita pengguna, mereka masih cenderung memperhatikannya. Bagi pemasar online yang menggunakan iklan Facebook untuk promosi bisnisnya, hal ini merupakan hal yang baik karena artinya pengguna yang melihat iklan tersebut adalah calon pelanggan. Oleh karena itu, semakin banyak target audiens Anda, kemungkinan besar iklan Anda akan semakin sukses.

Selain memiliki target audiens yang lebih luas, pemasar yang menggunakan iklan Facebook untuk promosi model bisnis mereka memiliki biaya per konversi (CPC) yang jauh lebih rendah. Ini berarti jumlah yang mereka butuhkan untuk berinvestasi untuk mendapatkan pelanggan baru atau mengubah prospek menjadi penjualan jauh lebih rendah dibandingkan dengan apa yang mereka bayarkan untuk Google AdWords. Selama uang yang dihabiskan untuk beriklan di Facebook sesuai dengan anggaran, tidak masalah berapa biayanya untuk mendapatkan pelanggan baru atau mengubah prospek menjadi penjualan karena jumlah konversi yang dapat dihasilkan dari iklan Facebook tidak terbatas. Karena itu, bisnis dapat secara efektif mengurangi biaya per konversi dan bahkan menghasilkan lebih banyak keuntungan dalam jangka panjang.

Dengan basis pengguna yang besar dan biaya per konversi yang rendah, tidak heran jika masih banyak pemasar online yang lebih memilih menggunakan iklan Facebook sebagai sumber utama iklan mereka. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, penting untuk diingat bahwa seperti di platform lain, tidak cukup hanya membuat iklan yang terlihat menarik dan menarik. Penting juga untuk mempertimbangkan strategi pemasaran lain selain menggunakan iklan Facebook. Faktanya, hari-hari ini, Anda sebenarnya dapat menemukan banyak opsi di Internet selain dari iklan Facebook. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk mencoba berbagai strategi pemasaran tetapi ragu untuk berinvestasi di iklan Facebook, mungkin lebih baik Anda mencari cara lain untuk mengiklankan produk dan layanan Anda.